DESCRIPTION

Pelaksanaan otonomi daerah telah menimbulkan konsekuensi berupa tuntutan untuk menyelenggarakan pemerintahan berdasarkan manajemen keuangan yang sehat (Good Finance Governance).  Definisi keuangan daerah tidak hanya berkaitan dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), namun juga termasuk anggaran perusahaan yang tergabung dalam Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) sebagaimana yang diatur dalam  Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara, dan Peraturan Pemerintah Nomor 58 Tahun 2005 yang mengatur Pengelolaan Keuangan Daerah, yang secara eksplisit memberikan batasan bahwa kekayaan dipisahkan pada perusahaan daerah merupakan bagian dari kekayaan negara/daerah.

Filosofi dan tujuan pendirian BUMD dimaksudkan untuk memberikan kontribusi  bagi perkembangan perekonomian daerah dan menjadi sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD), namun demikian ukuran perkembangan ekonomi telah menunjukkan bahwa sebagian besar BUMD di Indonesia masih memiliki kinerja yang memprihatinkan (under performed). Sebagai penyebab salah satuhnya adalah manajemen bisnis yang belum dikelola dengan baik karena belum berjalannya fungsi perencanaan (planning function) dan pengendalian (management control), serta masih lemahnya penerapan prinsip transparansi dan akuntabilitas. Dalam perspektif manajemen operasi organisasi Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP) merupakan salah satu alat perencanaan (planning instrument) dan pengendalian manajemen dan sekaligus sebagai media akuntabilitas  manajemen.

RJPP dan RKAP yang disiapkan secara memadai akan membangun tercapainya akuntabilitas dan transparansi, dan akan membantu  manajemen BUMD dalam memenuhi prinsip transparansi dan akuntabilitas, namun demikian kelemahan dalam penyiapan RJPP dan RKAP juga dapat mempengaruhi kredibilitas manajemen.

Perencanaan kerja dan sistem anggaran dengan memadukan pendekatan dua arah (bidirectional) yaitu topdown dan bottom-up, dimana sangat  diperlukan  pemahaman yang komprehensif dan terpadu  antara seluruh tingkatan manajemen. Pelatihan penyiapan RJPP dan RKAP diharapkan dapat menyegarkan kembali konsep anggaran dan sekaligus mempertajam  kemampuan  manajemen peserta pelatihan dalam memahami mekanisme yang harus dilaksanakan dalam proses penyiapan RJPP dan RKAP.

OBJECTIVE

  1. Membangun pemahaman yang lebih berhasil guna (effective) atas konsep RJPP  dan  RKAP  sebagai  salah  satu  instrumen utama   dalam penyelenggaraan fungsi perencanaan (planning function) dan pengendalian manajemen (management control), serta mengarahkan peserta untuk mencapai akuntabilitas dan transparansi yang menjadi bagian dari tata kelola perusahaan yang baik (good corporate governance).
  2. Memberikan pemahaman yang lebih komprehensif kepada peserta terkait mekanisme dan langkah-langkah penyiapan RJPP dan RKAP.
  3. Mampu menyiapkan dokumen RJPP dan RKAP.

COURSE OUTLINE

1. Pendahuluan RJPP/RKAP dan Filosofi Organisasi

  • Latar belakang dan sejarah perusahaan
  • Visi dan misi perusahaan
  • Tujuan perusahaan
  • Arah Pengembangan perusahaan

2. Evaluasi Pelaksanaan RJPP/RKAP

  • Evaluasi terhadap RKAP dan RJPP (Rencana Jangka Panjang) lama dilihat dari aspek : Pemasaran, Organisasi dan SDM, Engineering, Keuangan, Aktiva dan Pasiva Perusahaan, Laba Perusahaan dan Tingkat Kesehatan Perusahaan
  • Inventarisasi Permasalahan dan Upaya Pemecahannya

3. Analisis Posisi Perusahaan dan Lingkungan Bisnis

  • Analisis Lingkungan Usaha dengan teori struktur industri yang meliputi aspek : Pendatang baru, pembeli, produk substitusi dan aspek pemasok
  • Analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity dan Threat)
  • Analisis PESTLE (Political,Economic, Sociological, Technological, Legal and Environmental)
  • Analisis Daya saing perusahaan
  • Analisis perubahan lanskap ekonomi dan bisnis
  • Analisis trend persaingan bisnis

4. Manajemen Strategi Perusahaan.

  • Formulasi Strategi yang meliputi : Strategi korporasi, Strategi bisnis, Strategi fungsi dan Alignment.
  • Dimensi-dimensi strategi.

5. Skenario Implementasi Strategi dan  Ukuran Kinerja

  • Pengukuran dan umpan balik
  • Implementasi konsep pengukuran kinerja dengan Balanced Scorecards
  • Disain Strategy Map Perusahaan
  • Disain KPI (Key Performance Indicators)
  • Peta jalan teknologi dan produk
  • Perencanaan Sumber Daya Manusia dan Organisasi

6. Laporan Keuangan perusahaan

  • Neraca
  • Laba – rugi
  • Cashflow

7. Teknik Pengukuran Kinerja Keuangan Perusahaan

  • Analisis Rasio Keuangan perusahaan
  • Commonsize method
  • Analisis Du Pont

8. Teknik Penyusunan Budget Perusahaan

  • Teknik Penyusunan Proforma income statement
  • Teknik Penyusunan Proforma Balance Sheet
  • Teknik Penyusunan Cash Budget

9. Teknik Analisis Investasi dan Nilai Uang

  • Time value of money
  • Teknik Perhitungan Payback Period
  • Teknik Perhitungan IRR (Internal Rate of Return)
  • Teknik Perhitungan NPV (Net Present Value)

10. Proyeksi Kegiatan Usaha dan Proposisi Bisnis

  • Sasaran Perusahaan
  • Asumsi-asumsi
  • Proyeksi Penjualan
  • Rencana Investasi
  • Proyeksi laba – rugi
  • Proyeksi Neraca
  • Proyeksi Aliran Kas (Cash Flow)
  • Proyeksi Rasio Keuangan
  • Proyeksi kinerja keuangan perusahaan dengan analisis Du Pont

 

TRAINING METHOD
  • Group Discussions
  • Group & Individual Exercises
  • Presentations
  • Games
  • Case Studies
  • Role Plays
  • Self-Assessment
  • Action Plan
FACILITIES
  • Certificate,
  • Quality Training Kit (Pencil case: Erase, Bolpoint, Pencil, Tipe X, Stabillo, Flash Disk 8 GB),
  • Bag.
  • Training Material (HandOut & SoftCopy)
  • Convenient training facilities in stars hotel (Public Training)
  • Lunch and Coffee Breaks (Public Training)
  • Souvenir
Permintaan Brosur penawaran Training ( Harga, Waktu dan Tempat) silahkan Menghubungi kami.
Catatan :
  • Pelatihan ini dapat di-customized sesuai kebutuhan perusahaan Anda bila diselenggarakan dalam bentuk In-House Training. Untuk permintaan In-House Trainingdengan jenis topik lainya, silahkan mengirimkan ke alamat email yang tercantum di web kami.
  • Request Training. Jika anda membutuhkan informasi pelatihan yang belum tercantum pada website ini, atau anda ingin memberikan usulan materi yang sesuai dengan tingkat kebutuhan perusahaan anda, silahkan mengirimkan ke alamat emailyang tercantum.
  • Bila tidak ada tanggal dan waktu atau yang tercantum sudah kadaluarsa didalam artikel mohon tanyakan kepada kami untuk jadwal terbarunya.
  • Peserta bisa mengajukan Tanggal Pelatihan / Training selain yang tertera pada silabus penawaran.
Info Jadwal Training , Training, Training di Bandung, Training di Jakarta, Training di Bali, Training di Yogyakarta, Training di Lombok, Training di Surabaya, Training di Malang, Training di Solo, Training di Medan, Training di Manado, Training di Batam, Training di Semarang, Training di Bogor,
Advertisements