Deskripsi
Departemen Purchasing (pembelian) memiliki peran penting dalam kegiatan operasional perusahaan. Hasil akhir yang ingin didapat adalah pembelian dengan karakteristik: right quality and quantity from the right vendor, right time, right price and right service. Tugas departemen pembelian tidak hanya melakukan proses pemesanan material dan bersifat administratif saja tetapi meliputi keseluruhan proses yang terjadi dalam pembelian tersebut, antara lain : melakukan seleksi vendor, mewawancara vendor, negosiasi dengan vendor, analisa penawaran dan menentukan alternatif keputusan, memilih vendor, mengeluarkan purchase order (PO), serta menangani masalah-masalah yang mungkin timbul dalam proses pembelian tersebut maupuan permasalahan dengan vendor.  Semua proses diatas, apabila tidak dipahami dengan baik, dapat menimbulkan pemborosan dalam perusahaan. Pelatihan ini akan memberikan pemahaman tentang proses-proses yang terjadi dalam kegiatan pengadaan atau procurement atau pembelian.
Aktifitas pengadaan material tidak hanya memilih supplier serta pemesanan material tetapi lebih dari itu. Dalam training manajemen purchasing ini, peserta tidak hanya dibekali konsep dan teori agar biaya pengadaan material bisa turun tetapi peserta juga akan mempraktekan metoda pendukung yang digunakan seperti teknik negosiasi yang effektif, teknik pemilihan dan evaluasi supplier yang benar serta teknik meningkatkan kinerja supplier.
 
TUJUAN:
  1. Memahami konsep dan implementasi effective procurement management
  2. Mampu melakukan perencanaan pembelian
  3. Mampu menganalisis, mewawancara, menyeleksi dan mengevaluasi Vendor secara objective dan  efektif.
  4. Peran purchasing dalam supply chain.
  5. Industrial buying behavior: decision making in purchasing.
  6. Mempelajari dan mempraktekan ketrampilan negosiasi (Negotiation Skill) yang bisa   memberikan Keuntungan bersama dengan supplier.
  7. Mempelajari dan mempraktekan proses penilaian kinerja supplier secara objective.
  8. Dapat memahami kerangka pikir tentang peran penting menjalin kerjasama dengan Vendor.
  9. Memahami proses pengadaan barang/ jasa sesuai dengan kebutuhan bisnis hingga mendapatkan beberapa vendor yang memenuhi keriteria.
  10. Dapat merumuskan strategi kerjasama dengan vendor, seperti strategi kolaborasi, outsourcing dll.
  11. Menetapkan vendor terpilih dan menyusun pengikatan pengadaan barang/ jasa tertentu.
  12. Memonitor dan mengelola kinerja vendor agar sesuai dengan pengikatan (kontrak)       yang telah disepakati dan selaras dengan tujuan perusahaan.
MATERI:
  1. Manajemen strategi
  • Peran purchasing dalam supply chain
  • Memahami pembelian material untuk industri (industrial buying behavior)
  • Memahami purchasing management process
  • Dinamika lingkungan makro
  • Apa yang disebut dengan strategic management
  • Environment threat and opportunity profile (ETOP)
  • Strategic advantage profile (SAP)
  • Generic strategy
  • Apa yang dimaksud dengan Purchasing Strategy
  • Proses Strategis Purchasing
    2. Peran Pengadaan dalam kehidupan perusahaan
  • Pentingnya purchasing dalam kehidupan perusahaan di era globalisasi
  • Objektif kegiatan pengadaan
  • Pentingnya aspek kualitas dalam kegiatan pengadaan
  • Aspek hukum pengadaan
  • Hubungan departemen pengadaan dengan departemen lain
  • Diskusi tentang persoalan purchasing management di masing-masing perusahaan
  1. Strategi dan kebijakan pengadaan
  • Model strategi pengadaan
  • Cara mengukur bargaining position perusahaan dengan supplier
  • Kebijakan pengadaan
  • Parameter pengadaan
  • Proses pengadaan
  • Teknologi informasi dalam bidang pengadaan
  • Diskusi tentang perumusan strategi pengadaan
  1. Total cost ownership
  • Market Price, Proposal Price, Historical Price, Target Price
  • Total cost ownership dengan Konsep Present Value
  1. Forecasting Demand
  • Taxonomi Metode Forecasting
  • Error dalam Forecasting
  • Pola data masa lalu
  • Perhitungan Forecasting dengan berbagai metode kuantitatif dengan  menggunakan software Win QSB
  1. Teknik Pemilihan Supplier dan Supplier Development
  • Source-selection Model
  • Teknik pemilihan subkontraktor
  • Make-or-buy Decision
  • Teknik evaluasi supplier
  • Teknik Pembinaan supplier
  • Diskusi tentang permasalahan pemilihan supplier
  1. Pengadaan barang dan jasa dari pasar Internasional
  • Manfaat pengadaan Internasional
  • Sumber informasi barang dan jasa Internasional
  • Masalah yang biasanya dihadapi dalam pengadaan Internasional
  • Diskusi
  1. Seni dan Teknik Negosiasi
  • Apa manfaat negosiasi
  • Price Analysis for Negotiation
  • Teknik perencanaan dan persiapan negosiasi
  • Karakteristik negosiator yang baik
  • Diskusi tentang permasalahan yang biasa dihadapi dalam negosiasi
  1. Managerial guideline untuk terciptanya Supplier Partnership
  • Tahap awal
  • Identifikasi potential partners
  • Pemilihan supplier
  • Evaluasi partnership
PESERTA
Semua industri yang terkait dengan PROCUREMENT, rumah sakit, hotel, jasa pelayanan umum dan semua bagian yang terkait dengan PROCUREMENT.
Manager dan Staff Logistics /supply chain , Purchasing , Warehousing , Distribution , Logistics Planner, Production, Production Planner, Marketing dan semua posisi yang erat kaitannya dengan manajemen purchasing and logistik serta siapa saja yang ingin mengetahui perkembangan purchasing and procurement
TRAINING METHOD
  • Group Discussions
  • Group & Individual Exercises
  • Presentations
  • Games
  • Case Studies
  • Role Plays
  • Self-Assessment
  • Action Plan
FACILITIES
  • Certificate,
  • Quality Training Kit (Pencil case: Erase, Bolpoint, Pencil, Tipe X, Stabillo, Flash Disk 8 GB),
  • Bag.
  • Training Material (HandOut & SoftCopy)
  • Convenient training facilities in stars hotel (Public Training)
  • Lunch and Coffee Breaks (Public Training)
  • Souvenir
Permintaan Brosur penawaran Training ( Harga, Waktu dan Tempat) silahkan Menghubungi kami.
Catatan :
  • Pelatihan ini dapat di-customized sesuai kebutuhan perusahaan Anda bila diselenggarakan dalam bentuk In-House Training. Untuk permintaan In-House Trainingdengan jenis topik lainya, silahkan mengirimkan ke alamat email yang tercantum di web kami.
  • Request Training. Jika anda membutuhkan informasi pelatihan yang belum tercantum pada website ini, atau anda ingin memberikan usulan materi yang sesuai dengan tingkat kebutuhan perusahaan anda, silahkan mengirimkan ke alamat emailyang tercantum.
  • Bila tidak ada tanggal dan waktu atau yang tercantum sudah kadaluarsa didalam artikel mohon tanyakan kepada kami untuk jadwal terbarunya.
  • Peserta bisa mengajukan Tanggal Pelatihan / Training selain yang tertera pada silabus penawaran.
Info Jadwal Training , Training, Training di Bandung, Training di Jakarta, Training di Bali, Training di Yogyakarta, Training di Lombok, Training di Surabaya, Training di Malang, Training di Solo, Training di Medan, Training di Manado, Training di Batam, Training di Semarang, Training di Bogor,
Advertisements