DESKRIPSI

I. Pengantar.
Setiap hari kita menghabiskan hampir 70% waktu kerja untuk berkomunikasi, namun banyak miskomunikasi yang masih terjadi. Karenanya orang masih perlu memahami tehnik komunikasi yang efektif, agar dapat mengoptimalkan 70% dari waktu kerja dalam mencapai sasaran perusahaan.
Komunikasi yang buruk merupakan penghambat terbesar dalam pencapaian sasaran perusahaan yang dirasakan oleh banyak karyawan.

Pentingnya komunikasi dapat dilihat dari beberapa hal:
1. Menimbulkan rasa setia kawan, antara bawahan dengan atasan, sesama rekan maupun dengan unit kerja lainnya.
2. Meningkatkan kegairahan kerja
3. Pengendalian dan pengwasan menjadi lebih efektif
4. Meningkat moral dan sikap kerja
5. Memperjelas semua informasi didalam perusahaan
6. Meningkatkan rasa tanggung jawab.
7. Meningkatkan saling pengertian, saling menghargai dan saling membantu
8. Meningkatkan kreatifitas dan inovasi
9. Memudahkan dalam pengambilan keputusan
Suatu penelitian membuktikan bahwa komunikasi merupakan area utama dalam mempelajari interaksi manusia dalam organisasi perusahaan, dan perubahan tingkah laku yang terjadi. Komunikasi merupakan alat utama dalam memahami konflik-konflik yang terjadi, konsep pemecahannya dan pengambilan keputusan. Untuk itulah perlunya suatu pelatihan kumnikasi ini disampaikan.

II. Tujuan Pelatihan.
Agar peserta dapat memahami dan melakukan komunikasi secara efektif, sehingga dapat menciptakan iklim kerja yang harmonis, sehat dan terbuka, dapat memberikan kreatifitas kerja yang maksimal untuk mencapai tujuan perusahaan.

III. Pokok-pokok Bahasan.

Hari Pertama
– Komunikasi dan usaha memahami orang lain
1. Pendapatkan penerimaan dan persepsi yang jelas
2. Mendapatkan tindak lanjut yang diharapkan
– Berbagai hambatan dalam komunikasi
1. Hambatan dalam penerimaan
2. Hambatan dalam pengakuan
3. Hambatan dalam pemahaman
– Meningkatkan kemampuan mendengarkan
1. Proses mendengarkan
2. Tehnik meningkatkan kemampuan mendengarkan
3. Berbagai kiat dalam mendengarkan
4. Mendengarkan yang tidak efektif
– Komunikasi dalam situasi yang sulit
1. Menyampaikan dan menerima umpan balik

Hari Kedua
– Komunikasi interpersonal dan kerjasama kelompok
1. Komunikasi didalam kelompok
2. Dinamika kelompok
– Menjaga agar perbedaan tidak berkembang menjadi konflik
1. Hal potensial penyebab konflik
2. Mengatasi konflik
– Komunikasi efektif dengan pola asertif
1. Bedanya dengan submisif dan agresif
2. Keuntungan menerapkan perilaku asertif.
– Lanjutan pola perilaku asertif
– Latihan dan penerapannya.

FACILITIES

  • Certificate, Quality Training Kit (Pencil case: Erase, Bolpoint, Pencil, Tipe X, Stabillo, Flash Disk 8 GB), Bag.

  • Training Material (HandOut & SoftCopy)

  • Convenient training facilities in stars hotel

  • Lunch and Coffee Breaks

  • Souvenir

Permintaan Brosur penawaran Training ( Harga, Waktu dan Tempat) silahkan Menghubungi kami.

Catatan :

  • Pelatihan ini dapat di-customized sesuai kebutuhan perusahaan Anda bila diselenggarakan dalam bentuk In-House Training. Untuk permintaan In-House Trainingdengan jenis topik lainya, silahkan mengirimkan ke alamat email yang tercantum di web kami.

  • Request Training. Jika anda membutuhkan informasi pelatihan yang belum tercantum pada website ini, atau anda ingin memberikan usulan materi yang sesuai dengan tingkat kebutuhan perusahaan anda, silahkan mengirimkan ke alamat emailyang tercantum.

  • Bila tidak ada tanggal dan waktu atau yang tercantum sudah kadaluarsa didalam artikel mohon tanyakan kepada kami untuk jadwal terbarunya.

  • Peserta bisa mengajukan Tanggal Pelatihan / Training selain yang tertera pada silabus penawaran.

Advertisements