DESKRIPSI

Transaksi perbankan saat merupakan kebutuhan yang mengalami peningkatan cukup signifikan seiring aktifitas dunia usaha yang semakin ketat dan kompetitif. Keunggulan teknologi memiliki peran penting dalam aktifitas yang melibatkan perbankan. Melalui teknologi, nasabah semakin memperoleh kemudahan dalam melakukan kegiatan transaksi kapanpun dan dimanapun yang pada akhirnya berorientasi pada kepuasan pelanggan/nasabah. Electronic Banking, atau e- Banking merupakan teknologi dalam perbankan dimana aktivitas perbankan dilakukan melalui media internet. Layanan ini memungkinkan nasabah dapat melakukan hampir semua jenis transaksi perbankan melalui sarana internet, khususnya via website, seperti pengecekan rekening, transfer dana antar rekening, hingga pembayaran tagihan rutin bulanan (listrik, telepon, dsb.) melalui rekening banknya. Selain melalui sarana internet, pemanfaatan mesin ATM merupakan salah satu sarana pelayanan yang memudahkan nasabah dalam kegiatan transaksi perbankan untuk pembayaran e- Banking. Seiring dengan persaingan yang semakin ketat antar bank, kualitas pelayanan yang baik termasuk di dalamnya pelayanan ATM, merupakan sebuah tuntutan.
Persaingan bisnis dunia perbankan di Indonesia dalam menjaring nasabah berdampak pada semakin tingginya tuntutan pelayanan yang harus disediakan oleh bank. Dengan jumlah bank dan kantor cabang yang cukup banyak dan beragamnya produk yang ditawarkan, kualitas pelayanan yang tinggi memang masih menjadi cara efektif untuk mempertahankan nasabah atau menambah nasabah baru. Bank-bank semakin bersaing dalam merebut customer dengan mengandalkan kualitas pelayanan. Selain menawarkan berbagai macam produk, peningkatan kualitas pelayanan juga dilakukan melalui perbaikan di sisi teknologi informasi untuk memenuhi kebutuhan dan kemudahan akses nasabah, yang diharapkan mampu menjaring dana masyarakat.
Salah satu sarana pelayanan yang memudahkan nasabah dalam kegiatan transaksi perbankan adalah fasilitas mesin EDC (Electronic Data Capture), dengan memperhatikan kualitas pelayanan yang tinggi termasuk di dalamnya layanan kemudahan pembayaran adalah merupakan sebuah tuntutan. Pelatihan ini membahas berbagai kegunaan dan kelebihan mesin EDC sebagai sarana memberikan keleluasaan bertransaksi pada nasabah.

TUJUAN
Setelah mengikuti pelatihan ini diharapkan peserta dapat:
o Memahami bagaimana pemanfaatan tekhnologi e-Banking sebagai teknologi informasi dalam dunia bisnis disesuaikan dengan regulasi pemerintah
o Memahami fitur – fitur yang ada dalam ATM dan Mesin EDC, sistem analisis dan monitoringnya
o Mengetahui jenis-jenis masalah – masalah yang muncul dalam penyalahgunaan e-banking serta langkah – langkah yang benar dalam mengatasi fraud dan costumer complain

MATERI
1. Pengantar Teknologi Perbankan
o Tuntutan Layanan Perbankan Modern
o Tuntutan Informasi Perbankan Modern
2. Pengembangan Teknologi Informasi Dunia Perbankan
3. Regulasi Bank Indonesia & Otoritas Jasa Keuangan terkait dengan Transaksi Elektronik Perbankan
4. Aplikasi Teknologi Informasi Dunia Bisnis
o E-Banking
o E-Commerce
o Enterprise Resource Planning (ERP)
5. Infrastuktur Sofware, Hardware dan Jaringan
6. Keuntungan menggunakan teknologi pembayaran e-banking
7. Jenis Mesin ATM dan Kartu ATM
8. Fitur Transaksi ATM
o Aktivasi PIN
o Cek saldo
o Tarik Tunai
o Transfer antar Bank
o Pembayaran Tagihan
9. Sistem Analisis Program (Operator, User, Bank)
10. Sistem AMS (ATM-Monitoring System)
11. Pengenalan Type dan Spesifikasi Mesin EDC
12. Prosedur Pengajuan Mesin EDC oleh Pengusaha
13. Mekanisme Penggunaan Mesin EDC
o Mekanisme transaksi dengan kartu Debit (Kartu ATM )
o Mekanisme transaksi dengan Kartu Kredit
o Mekanisme transaksi dengan Kartu Prepaid
14. Fitur Transaksi Mesin EDC
15. Perintah bayar (Settlement)
16. Fasilitas yang diberikan Bank Penerbit Kartu
o International (Visa, Mastercard, Dinner Club, Amex, JCB)
o Lokal Indonesia (BCA Card)
17. Sistem Keamanan Data Transaksi
18. Penyalahgunaan yang sering terjadi dalam teknologi pembayaran e-banking
o Typo-site
o Keylogger
19. Prinsip Perlindungan Nasabah
20. Studi Kasus Fraud dalam perbankan, bagaimana menghindari kejahatan dan kecurangan dalam transaksi serta hak – hak bank dalam menanganinya

PESERTA
Pelatihan ini sesuai untuk diikuti oleh para Karyawan Bank di Bagian Operasional, IT Staff, Manager, Teknisi Mesin ATM dan EDC, Divisi Pelayanan Kartu Kredit dan Debit, atau Departemen yang mengelola kas dan pemindahbukuan.

FACILITIES

  • Certificate, Quality Training Kit (Pencil case: Erase, Bolpoint, Pencil, Tipe X, Stabillo, Flash Disk 8 GB), Bag.
  • Training Material (HandOut & SoftCopy)
  • Convenient training facilities in stars hotel
  • Lunch and Coffee Breaks
  • Souvenir

Permintaan Brosur penawaran Training ( Harga, Waktu dan Tempat) silahkan Menghubungi kami.

Catatan :

  • Pelatihan ini dapat di-customized sesuai kebutuhan perusahaan Anda bila diselenggarakan dalam bentuk In-House Training. Untuk permintaan In-House Training dengan jenis topik lainya, silahkan mengirimkan ke alamat email yang tercantum di web kami.
  • Request Training. Jika anda membutuhkan informasi pelatihan yang belum tercantum pada website ini, atau anda ingin memberikan usulan materi yang sesuai dengan tingkat kebutuhan perusahaan anda, silahkan mengirimkan ke alamat emailyang tercantum.
  • Bila tidak ada tanggal dan waktu atau yang tercantum sudah kadaluarsa didalam artikel mohon tanyakan kepada kami untuk jadwal terbarunya.
  • Peserta bisa mengajukan Tanggal Pelatihan / Training selain yang tertera pada silabus penawaran.
Advertisements