DESKRIPSI:

Pembiayaan transaksi ekspor impor, sangat penting peranannya dalam pelaksanaan perdagangan internasional, Transaksi perdagangan ekspor impor dimulai dengan adanya sales kontrak, negoisasi dokumen dan akhirnya dilakukannya penagihan pembayaran. Untuk menunjang kemudahan khususnya transaksi ekspor impor diperlukan metode pembayaran yang sesuai dengan kesepakatan antara eksportir dan importir. Ada bermacam-macam pembiayaan dalam transaksi eksport impor dan yang paling utama adalah Letter of Credit. Untuk memperlancar urusan tersebut para pengusaha dituntut untuk memiliki pengetahuan yang memadai mengenai tata cara ekspor dan impor yang menggunakan L/C maupun Non L/C sebagai basis aturan internasional seperti UCP 600 dan ISBP.

Kemampuan dan pengetahuan tentang pembiayaan ekspor impor terutama Letter of Credit mutlak harus dikuasai bagi pihak-pihak yang berkecimpung dalam perdagangan international seperti personel bank, perusahaan ekspor impor, perusahaan pelayaran, perusahaan asuransi, instansi pemerintah yang berwenang dalam bidang perdagangan international dan lain-lain. Dengan demikian, pihak-pihak yang terlibat dalam transaksi ekspor impor sangat perlu mendapatkan pelatihan ini, dalam rangka mendapatkan pemahaman yang mendalam dalam hal pembiayaan transaksi ekspor impor terutama Letter of Credit.
Pelatihan ini akan dibimbing oleh praktisi yang sudah berpengalaman lebih dari 17 tahun di bidang perdagangan international ekspor impor, yang telah sering memberikan pelatihan secara public dan in-house, secara step by step agar bisa menggunakan proses pembiayaan Letter of Credit dalam transaksi ekspor impor secara efektif dan efisien. Di akhir sesi, peserta akan semakin merasakan manfaat pelatihan dengan adanya praktek pengisian dan studi kasus tentang Letter of Credit serta pembahasan terhadap masalah-masalah yang selama ini sering dialami di lapangan.

SILABUS PELATIHAN
1. Perdagangan Internasional
– Manfaat dan hambatan dalam perdagangan international
– Syarat-syarat dasar menjadi eksportir dan importir
2. Incoterm 2010 / Syarat penyerahan Barang
– EX-Works, FCA, FAS, FOB
– CFR, CIP, CPT, CIP
– DAT, DAP, DDP.
3. Metode Pembayaran International
– Advance Payment.. Open Account, Consignment,. Collection,. Dan L/C
4. Documentary Letter of Credit dalam transaksi Ekspor Impor
– Prosudur penerbitan Letter of credit, – Dasar hukum Letter of credit,
– Prinsip-prinsip dasar Letter of credit, – Pihakpihak yang terlibat dalam Letter of credit,
– Jenis jenis Letter of credit Sight Credit, Usance (Acceptance Credit), Differed Payment Credit, Red Clause Credit, Transferrable Credit, Back to Back Credit, dan Revolving Credit, Manfaat dan fungsi Letter of credit
5. Uniform Custom and Practice (UCP 600) dan ISBP (Standar pemeriksaan dokumen ekspor impor secara internasional)
– Pengertian, – Sejarah penerbitan UCP 600, Manfaat dan fungsi UCP 600,
– Penerapan UCP 600, terhadap: Financial documents, Commercial documents, transportation documents, dan Official documents.
6. Dokumen-dokumen Ekspor Impor berdasarkan Letter of Credit
– Bill of Exchange, Commercial Invoice, Transport Dokumen, Insurance Document, dokumen pendukung COO, perijinan Lartas Expor dan Impor.
7. Langkah-langkah pembukaan Letter of Credit untuk Transaksi Ekspor Impor
a. Langkah-langkah Impor Menggunakan Letter of Credit (L/C), syarat-syarat pembukaan L/C, Pembiayaan Bank Untuk Importir yang menggunakan L/C
b. Langkah-langkah Ekspor Menggunakan Letter of Credit (L/C), Negoisasi wesel ekspor.
8. PembiayaanTransaksiEksporImpor
– Pinjaman Trusk receipt (TR), Shipping Guaranty (SG), Offshore Borrrowing, diskonto wesel berjangka, bangker acceptance, Forfaiting, Factoring dan Standby Letter of Credit
9. Discrepancies, perubahan, pembatalandan settlement endorsement dan acceptasi dalam Letter of Credit.
10. Ceklist key Letter of Credit untuk eksportir dan importir

SASARAN PESERTA :
Eksekutif, supervisor, senior staf dibidang ekspor impor dari perusahaan – perusahaan yang melakukan ekspor impor, Perusahaaan Niaga / Industri / Pertambangan / Otomotif, BUMN dan Swasta, Bank BUMN, Swasta Nasional dan Asing, Perusahaan Asuransi, Perusahaan Pelayaran, dll.

FACILITIES

  • Certificate, Quality Training Kit (Pencil case: Erase, Bolpoint, Pencil, Tipe X, Stabillo, Flash Disk 8 GB), Bag.
  • Training Material (HandOut & SoftCopy)
  • Convenient training facilities in stars hotel
  • Lunch and Coffee Breaks
  • Souvenir

Permintaan Brosur penawaran Training ( Harga, Waktu dan Tempat) silahkan Menghubungi kami.

Catatan :

  • Pelatihan ini dapat di-customized sesuai kebutuhan perusahaan Anda bila diselenggarakan dalam bentuk In-House Training. Untuk permintaan In-House Training dengan jenis topik lainya, silahkan mengirimkan ke alamat email yang tercantum di web kami.
  • Request Training. Jika anda membutuhkan informasi pelatihan yang belum tercantum pada website ini, atau anda ingin memberikan usulan materi yang sesuai dengan tingkat kebutuhan perusahaan anda, silahkan mengirimkan ke alamat emailyang tercantum.
  • Bila tidak ada tanggal dan waktu atau yang tercantum sudah kadaluarsa didalam artikel mohon tanyakan kepada kami untuk jadwal terbarunya.
  • Peserta bisa mengajukan Tanggal Pelatihan / Training selain yang tertera pada silabus penawaran.
Advertisements