DESKRIPSI
Pelatihan ini dibuat untuk cargo acceptance staff, cargo specialist perusahaan penerbangan, cargo agents, courier, forwarders dan shippers guna pencerahan dan penambahan pengetahuan serta kecakapan dalam menangani pengiriman cargo udara mengacu pada ketentuan national dan international. Peserta akan menjadi cakap membuat keputusan dalam penerimaan, penanganan pengiriman cargo memakai transportasi udara mengacu pada aturan national dan international yang berlaku.
Tujuan pelatihan:
a.    Peserta dapat memahami aturan penanganan pengiriman barang / cargo melalui angkutan udara, laut.
b.    Peserta dapat memahami cara pengiriman cargo melalui angkutan udara/laut.
c.    Peserta mampu menjelaskan kembali tata cara penanganan pengiriman cargo melalui angkutan udara/laut.
d.    Peserta mampu mengklasifikasikan Dangerous Goods berdasarkan sifat dan jenis zatnya, mengidentifikasi dangerous goods berdasarkan data MSDS, tampilan fisik, packing, proper shipping name maupun UN number dari suatu zat dan tata cara dokumentasi Dangerous Goods.
e.    Peserta memahami penanganan irregularity & claim kehilangan, kerusakan cargo.

OUTLINE MATERI :
1.    Kargo Udara
•    Definisi Kargo  Udara
•    Kode Untuk Penanganan Khusus
•    Singkatan- singkatan
2.    Penerimaan Kargo
•    Prosedur Reservasi & Penerimaan Kargo Umum
•    Dokumentasi
•    Tanggung jawab Pengirim
•    Pengemasan & Penandaan Barang
•    Pemberian Label
•    Cara-cara Pembayaran
•    Hak Disposisi Pengirim
•    Petunjuk-petunjuk Bagi Staff Kargo
3.    Penerimaan Kargo Khusus
•    Penerimaan, penanganan dan perlindungan bagi barang kiriman berupa hewan hidup
•    Barang Berharga
•    Jenazah / Abu Jenazah
•    Barang-barang Campuran
•    Barang Berbahaya
•    Penerimaan dan penanganan Transfer Kargo Dari atau Ke Penerbangan lainnya
4.    Tariff & biaya
•    Definisi Biaya
•    Kargo Tarif & Biaya
•    Konstruksi Tarif
5.    Surat muatan udara (SMU)
•    Definisi Surat Muatan Udara
•    Komposisi Isi Surat Muatan Udara
•    Cara Pengisian Surat Muatan Udara
6.    Pengiriman kargo dari airport asal
•    Pengiriman Yang Sebagian
7.    Pemeriksaan kargo di tempat tujuan
•    Pemeriksaan Kargo Pada Stasiun yang Dituju
•    Pengiriman Kargo Pada Stasiun yang Dituju
•    Pengiriman Yang Tidak diakui / Diambil- Prosedue Penolakan
8.    Pelacakan kargo, klaim & refund
•    Prosedur Pelacakan Kargo Umum
•    Prosedur Pelacakan Kargo Hilang
•    Penanganan Klaim
•    Refun (Penggantian)
9.    Pengiriman benda pos
•    Pengiriman Benda Pos
•    Dokumen Benda Pos
•    Penerimaan Benda Pos milik Kantor Pos
•    Penanganan Benda Pos yang hilang
•    Penangan kargo yang ditemukan
•    Penanganan Benda Pos yang rusak
•    Keamanan Benda Pos
•    Benda Pos yang dicuri
•    Pengawasan atas barang-barang berbahaya
•    Berita  Mengenai  Benda  Pos yang bermasalah
•    Benda Pos Cepat

PESERTA
Freight Forwarder, Perusahan Logistik, Airline, Perusahaan Jasa Titipan (courier)

FACILITIES

  • Certificate, Quality Training Kit (Pencil case: Erase, Bolpoint, Pencil, Tipe X, Stabillo, Flash Disk 8 GB), Bag.
  • Training Material (HandOut & SoftCopy)
  • Convenient training facilities in stars hotel
  • Lunch and Coffee Breaks
  • Souvenir

Permintaan Brosur penawaran Training ( Harga, Waktu dan Tempat) silahkan Menghubungi kami.

Catatan :

  • Pelatihan ini dapat di-customized sesuai kebutuhan perusahaan Anda bila diselenggarakan dalam bentuk In-House Training. Untuk permintaan In-House Training dengan jenis topik lainya, silahkan mengirimkan ke alamat email yang tercantum di web kami.
  • Request Training. Jika anda membutuhkan informasi pelatihan yang belum tercantum pada website ini, atau anda ingin memberikan usulan materi yang sesuai dengan tingkat kebutuhan perusahaan anda, silahkan mengirimkan ke alamat emailyang tercantum.
  • Bila tidak ada tanggal dan waktu atau yang tercantum sudah kadaluarsa didalam artikel mohon tanyakan kepada kami untuk jadwal terbarunya.
  • Peserta bisa mengajukan Tanggal Pelatihan / Training selain yang tertera pada silabus penawaran.
Advertisements