Deskripsi Training RKAP:

Sejalan dengan pelaksanaan otonomi daerah maka timbul konsekuensi logis berupa tuntutan untuk menyelenggarakan pemerintahan berdasarkan manajemen keuangan yang sehat ( good governance). Keuangan daerah tidak hanya berkaitan dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), namun juga anggaran perusahaan yang tergabung dalam Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) seperti yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara, dan

Peraturan Pemerintah Nomor 58 Tahun 2005 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah yang menyatakan bahwa kekayaan dipisahkan pada perusahaan daerah merupakan bagian dari kekayaan negara/daerah.

Tujuan Pelatihan :

Tujuan pelatihan penyiapan RKAP meliputi :

  1. Menyegarkan kembali konsep RKAP sebagai salah satu alat utama dalam penyelenggaraan fungsi perencanaan dan pengendalian manajemen, serta sebagai bentuk akuntabilitas dan transparansi yang menjadi bagian dari tatakelola perusahaan yang baik.
  2. Mempertajam pemahaman peserta mengenai mekanisme dan langkah-langkah penyiapan RKAP.

Materi Training RKAP

  1. Pendahuluan RKAP.
  • Latar belakang dan sejarah perusahaan.
  • Visi dan misi perusahaan.
  • Tujuan perusahaan.
  • Arah Pengembangan perusahaan.
  1. Evaluasi Pelaksanaan RKAP.
  • Evaluasi terhadap RKAP dan RJP (Rencana Jangka Panjang) lama dilihat dari aspek : Pemasaran, Organisasi dan SDM, Engineering, Keuangan, Aktiva dan Pasiva Perusahaan, Laba Perusahaan dan Tingkat Kesehatan Perusahaan.
  • Inventarisasi Permasalahan dan Upaya Pemecahannya.
  1. Analisis Posisi Perusahaan.
  • Analisis Lingkungan Usaha dengan teori struktur industri yang meliputi aspek: Pendatang baru, pembeli,  produk substitusi dan aspek pemasok.
  • Analisis SWOT( Strength, Weakness, Opportunity dan Threat)
  • Analisis PESTLE (Political,Economic, Sociological, Technological, Legal and Environmental).
  • Analisis Daya saing perusahaan.
  • Analisis perubahan lanskap ekonomi dan bisnis.
  • Analisis trend persaingan bisnis.
  1. Strategi Perusahaan.
  • Formulasi Strategi yang meliputi : Strategi korporasi, Strategi bisnis, Strategi fungsi dan Alignment.
  • Dimensi-dimensi strategi.
  1. Skenario Implementasi Strategi.
  • Pengukuran dan umpan balik.
  • Implementasi konsep pengukuran kinerja dengan Balanced Scorecards.
  • Disain Strategy Map Perusahaan.
  • Disain KPI (Key Performance Indicators).
  • Peta jalan teknologi dan produk.
  • Perencanaan Sumber Daya Manusia dan Organisasi.
  1. Laporan Keuangan perusahaan.
  • Neraca.
  • Laba –rugi.
  • Cashflow.
  1. Teknik Pengukuran Kinerja Keuangan Perusahaan.
  • Analisis Rasio Keuangan perusahaan.
  • Commonsize method.
  • Analisis Du Pont
  1. Teknik Penyusunan Budget Perusahaan.
  • Teknik Penyusunan Proforma income statement.
  • Teknik Penyusunan Proforma Balance Sheet.
  • Teknik Penyusunan Cash Budget.
  1. Teknik Analisis Investasi
  • Time value of money.
  • Teknik Perhitungan Payback Period.
  • Teknik Perhitungan IRR (Internal Rate of Return).
  • Teknik Perhitungan NPV (Net Present Value).

FACILITIES

  • Certificate, Quality Training Kit (Pencil case: Erase, Bolpoint, Pencil, Tipe X, Stabillo, Flash Disk 8 GB), Bag.
  • Training Material (HandOut & SoftCopy)
  • Convenient training facilities in stars hotel
  • Lunch and Coffee Breaks
  • Souvenir

Permintaan Brosur penawaran Training ( Harga, Waktu dan Tempat) silahkan Menghubungi kami.

Catatan :

  • Pelatihan ini dapat di-customized sesuai kebutuhan perusahaan Anda bila diselenggarakan dalam bentuk In-House Training. Untuk permintaan In-House Training dengan jenis topik lainya, silahkan mengirimkan ke alamat email yang tercantum di web kami.
  • Request Training. Jika anda membutuhkan informasi pelatihan yang belum tercantum pada website ini, atau anda ingin memberikan usulan materi yang sesuai dengan tingkat kebutuhan perusahaan anda, silahkan mengirimkan ke alamat emailyang tercantum.
  • Bila tidak ada tanggal dan waktu atau yang tercantum sudah kadaluarsa didalam artikel mohon tanyakan kepada kami untuk jadwal terbarunya.
  • Peserta bisa mengajukan Tanggal Pelatihan / Training selain yang tertera pada silabus penawaran.
Advertisements