LATAR BELAKANG:
Sistem produksi pada saat ini dan di masa mendatang memegang peranan penting dalam melakukan proses produksi, karena merupakan metoda berproduksi yang akan menentukan keberhasilan dalam memenuhi tuntutan pasar industri. Dalam perkembangannya, sistem produksi banyak berkaitan dengan bidang lain seperti teknik produksi, komputasi, dan teknik pemrosesan informasi (information processing technology). Penentuan kondisi pemotongan proses pemesinan yang paling baik atau optimum dalam pembuatan produk atau komponen mesin dan peralatan tidak hanya berkaitan dengan faktor teknologi proses saja, melainkan berkaitan pula dengan faktor ongkos dan mungkin juga dengan faktor lain seperti kecepatan produksi demi untuk memenuhi target atau pesanan ataupun untuk mencapai keuntungan secepat mungkin. Dengan demikian, untuk perencanaan kondisi proses perlu ditunjang dengan data mengenai ongkos produksi, ongkos pahat, ongkos operasi, dan data pemesinan yang lengkap yang biasanya tidak diketahui oleh seorang operator mesin. Hal ini sesungguhnya memang merupakan tugas bagi seorang ahli teknik produksi yang menguasai teori, memiliki data, dan pengalaman yang memungkinkan dalam penentuan kondisi proses pemesinan sesuai dengan tujuan dengan sebaik mungkin atau optimum. Untuk mendukung sistem produksi yang memadai diperlukan tenaga kerja yang handal atau peningkatan keahlian tenaga kerja profesi Sistem dan Ongkos Produksi (System and Cost Production).

OUTPUT TRAINING:
Pemahaman tentang pengetahuan sistem dan ongkos produksi.

CAKUPAN MATERI TRAINING:

  1. Pengenalan atas sistem produksi yang diterapkan.
  2. Sistem dengan berbagai jenis basis data
    • Basis data teknik (geometrik, NC program, dokumen teknik, manual, standar, pengetesan, pengukuran),
    • Basis data logistik (jadwal, daftar komponen/material, volume produksi, routing),
    • Basis data administratif (ongkos, waktu, efisiensi sistem, kerusakan/kendala).
  3. Pengenalan teknik manajemen produksi
    Penjadwalan, line balancing, ordering system, decision support system.
  4. Struktur penghitungan ongkos
    Struktur akuntansi perusahaan, cara penetapan depresiasi, bunga dan pajak.
  5. Beban ongkos yang ditanggung oleh unit produksi (mesin & operator)
    Ongkos langsung & tak langsung, sumber beban ongkos dan cara pembagian penanggungan ongkos pada bagian produksi s.d unit produksi.
  6. Teknik penentuan menit kerja per unit produksi
    Work sampling untuk menetapkan efektivitas unit kerja.
  7. Penetapan ongkos operasi (Rp/menit), ongkos pahat, ongkos penyiapan produksi (pemrograman, jigs & fixtures, settings, dsb.)
  8. Pembuatan, pengelolaan, dan pembaruan (updating) basis data ongkos khususnya bagi bagian pemesinan.
  9. Pemakaian software penghitungan ongkos dan pemanfaatan basis data ongkos sesuai dengan standar yang dikembangkan pabrik.

PESERTA:
Para praktisi tingkat operator, tingkat penyelia atau perencana bidang sistem dan ongkos produksi pada industri rekayasa.

FACILITIES

  • Certificate, Quality Training Kit (Pencil case: Erase, Bolpoint, Pencil, Tipe X, Stabillo, Flash Disk 8 GB), Bag.
  • Training Material (HandOut & SoftCopy)
  • Convenient training facilities in stars hotel
  • Lunch and Coffee Breaks
  • Souvenir

Permintaan Brosur penawaran Training ( Harga, Waktu dan Tempat) silahkan Menghubungi kami.

Catatan :

  • Pelatihan ini dapat di-customized sesuai kebutuhan perusahaan Anda bila diselenggarakan dalam bentuk In-House Training. Untuk permintaan In-House Training dengan jenis topik lainya, silahkan mengirimkan ke alamat email yang tercantum di web kami.
  • Request Training. Jika anda membutuhkan informasi pelatihan yang belum tercantum pada website ini, atau anda ingin memberikan usulan materi yang sesuai dengan tingkat kebutuhan perusahaan anda, silahkan mengirimkan ke alamat emailyang tercantum.
  • Bila tidak ada tanggal dan waktu atau yang tercantum sudah kadaluarsa didalam artikel mohon tanyakan kepada kami untuk jadwal terbarunya.
  • Peserta bisa mengajukan Tanggal Pelatihan / Training selain yang tertera pada silabus penawaran.
Advertisements